pasurakarta

KPTA JATENG CUP X 2024

KPTA JATENG CUP X 2024

Seluruh Jajaran Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Surakarta mengucapkan Selamat Mengikuti Pertandingan Tennis KPTA JATENG CUP X 2024
KPTA JATENG CUP X 2024

Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Selamat Datang di Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Layanan Digital Pengadilan Agama

Layanan Pengadilan Agama dalam genggaman Anda
Layanan Digital Pengadilan Agama

Penuhi Hak Anda

Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, dapat merugikan diri sendiri.
Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, tidak mempercepat proses perkara.
Penuhi Hak Anda

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan Bagi Pengguna Terdaftar dan Pengguna Lain untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan secara online (E-Litigasi).
e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

ADIPASKA

Inovasi Layanan Asisten Digital Pengadilan Agama Surakarta
ADIPASKA
Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Budaya Kerja | 5 RIN (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin, Indah dan Nyaman) 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).

INOVASI TIADA HENTI PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

Ditulis oleh pengadilan agama surakarta.

Sebagai instansi pelayan publik yang mempunyai jejak histori panjang (baca: Pengadilan Serambi Kasunanan Surakarta), Pengadilan Agama Surakarta dari waktu ke waktu terus berbenah dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat wilayah hukum Kota Surakarta dengan memegang teguh lima motto Pelayanan Prima, yaitu:

  • Profesional
  • Ramah
  • Integritas
  • Motivasi
  • Akuntabel

Ke lima motto tersebut merupakan kristalisasi dari jiwa yang hidup dalam pribadi Pegawai Pengadilan Agama Surakarta sejak dahulu kala, yang kemudian dideklarasikan pada tanggal 5 Mei 2018 sebagai wujud komitmen bersama guna merealisasikan Visi dan Misi Pengadilan Agama Surakarta, yaitu:

  • Visi yaitu terwujudnya peradilan yang agung dan berwibawa berdasarkan putusan yang adil sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang tertib dan damai.
  • Misi yaitu menerima, memeriksa, mengadili dan menyelesaikan perkara-perkara yang diajukan oleh umat Islam atau di luar Islam yang menundukkan diri di hukum Islam dalam bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, shodaqah, dan ekonomi syariah secara sederhana, cepat dan biaya ringan.

Enam Produk Layanan Prima

Sebagai wujud komitmen layanan prima, Pengadilan Pengadilan Agama Surakarta terus menerus berinovasi untuk berupaya menjadikan pengadilan yang modern, memberikan kemudahan layanan dan transparan serta terukur. Berikut ini adalah 10 inovasi layanan prima Pengadilan Agama Surakarta:

 

1). Aplikasi LANDIPA (layanan digital pengadilan)

Adalah pengembangan dari Hik_Smart. Aplikasi ini diciptakan sebagai upaya untuk mendukung kebijakan Dirjen Badilag. Sistem layanan aplikasi ini cakupannya lebih luas dan juga menjadi inovasi layanan bersama Pengadilan Agama se Soloraya. Aplikasi ini sangat bermanfaat khususnya bagi advokat yang mempunyai beberapa perkara yang akan disidangkan dalam tanggal yang sama pada Pengadilan Agama di wilayah Soloraya, melalui aplikasi ini, maka para advokat dapat melakukan antri sidang secara online serta memilih nomor urut di masing masing pengadilan dalam waktu yang bersamaan. Disamping itu, masih terdapat informasi dan menu layanan lain pada sistem ini, misalnya pembuatan gugatan mandiri, Validasi Akta Cerai dan lain lain. Aplikasi ini telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 6 Januari 2020.

landipa

 

2).BAPERNONA (Pembayaran panjar biaya perkara via fasilitas non tunai)

 

3). Asisten Digital Pengadilan Agama Surakarta

Layanan ini merupakan layanan melalui whatsapp untuk pihak berperkara dimana pihak dapat mengakses seluruh informasi yang dibutuhkan di Pengadilan Agama Surakarta. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan para pihak untuk mencari informasi, menulusuri perkara yang berjalan dan dapat berkomunikasi dengan petugas PTSP langsung, terlebih dalam kondisi pandemi COVID19. Dengan adanya layanan ini maka dapat memungkinkan pihak tidak perlu datang ke Pengadilan Agama Surakarta untuk mencari informasi. Untuk menu yang disediakan pada layanan whatsapp ini adalah sebagai berikut
1. Informasi Pendaftaran
Ini kaitannya juga syarat-syarat pendaftaran, biaya panjar serta prosedur dalam melakukan pendaftaran
2. Informasi Perkara
Berisi jadwal sidang, rincian biaya perkara, dan informasi akta cerai
3. Antrian Sidang Online
Berisi panduan bagaimana cara pihak agar dapat mengambil antrian sidang secara online
4. Ambil Produk Pengadilan
Berisi panduan bagaimana cara pihak agar dapat merencanakan pengambilan produk pengambilan secara drive thru
5. Komunikasi dengan Petugas PTSP
Dikarenakan akun whatsapp ini dioperasikan oleh mesin, terkadang informasi yang diberikan tidak sesuai dengan yang diminta pihak, sehingga akun whatsapp ini merekomendasikan pihak untuk berhubungan kepada Petugas PTSP secara langsung dengan cara memberikan no whatsapp yang lain.
Selain itu, layanan whatsapp ini juga dapat memberikan notifikasi kepada pihak yang nomor whatsappnya sudah terdaftar di system. Sehingga dengan adanya notifikasi whatsapp maka informasi yang diberikan akan cepat tersampaikan.

adipaskaw

 

4). Validasi Akta Cerai

Ini adalah layanan validasi akta cerai. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan kros cek dari data akta cerai yang terintegrasi dengan data di SIPP (Sistem Informasi Pelayanan Publik). Disamping pemegang akta cerai dapat melakukan validasi data, lebih khusus kepada instansi terkait, misal : Kantor Urusan Agama (Kemenag) dan Dispendukcapil & Kantor Kelurahan (Pemerintah Kota). Aplikasi ini telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 6 Januari 2020.

WhatsApp Image 2020 05 27 at 13.07.13

 

5). Layanan Perubahan Status Kependudukan

Aplikasi ini dilauncing pada tanggal 3 Desember 2019. Aplikasi ini merupakan layanan terintegrasi Pengadilan Agama dan Dispendukcapil Kota Surakarta. Ini adalah layanan aplikasi terpadu, dimana layanan ini bertujuan untuk para pencari keadilan yang sudah keluar akta cerainya secara otomatis status dalam KTP (Kartu Tanda Penduduk) akan berubah dan KK (Kartu Keluarga) juga langsung terpecah. Sehingga para pencari keadilan dapat langsung mengambil KTP dan KK tanpa antri dan gratis di Dispendukcapil Kota Surakarta.

integrasi

 

6). E-Arsipq

Aplikasi bankdata satker tempat menyimpan data keperkaraan dan kesekretariatan

 

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 

Justice For All, Pelayanan Prima Putusan Berkualitas


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com 

Communication email blue icon Email Delegasi/Tabayun: kepaniteraan.paska@gmail.com

website : https://www.pa-surakarta.go.id/

Peta Lokasi

Website ramah disabilitas