pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

Senyum Ikhlas Sedekah Ringan

 

Senyum adalah bagaimana kita mengekspresikan rasa yang kita alami kepada seseorang. Bentuk dari kelembutan hati dan wujud dari cahaya hidayah sunnah dalam menghadapi kehidupan yang diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, senyum juga merupakan tanda mulianya akhlak seseorang. Apalagi, akhlak yang mulia merupakan amalan baik nan istimewa dengan timbangan yang berat di sisi Allah SWT karena senyum juga merupakan salah satu bukti keimanan dan ketakwaan seseorang ketika seseorang tersebut mendapatkan ujian dari Allah SWT. Ketika ayat-ayat Al-Quran Tentang Melakukan Perjalanan (lakon bahasa Jawa berarti menghadapi kematian)  ditambah, senyum merupakan jenis sedekah paling ringan yang bisa memberatkan timbangan pahala kita nanti. Seperti yang disampaikan segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Surakarta Turut berduka, selamat jalan Bapak Bj. Habibie Presiden RI ke-3  dengan senyuman ringan dalam Islam.

Senyum itu  dalam bahasa inggris lain smile, Tabasam, ibtisamah dalam bahasa Arab artinya menggerakkan bibir bawah dan atas untuk di perpanjang kekiri dan kekanan untuk mengekspresikan/mengungkapkan perasaan seseorang yang ada dalam hati :

Ada yang membagi menjadi 11 ma’na senyuman tetapi hanya 3 yang pokok :

1. Senyum karena suka/bahagia/senang;

2. Senyum karena menghina;

3. Senyum karena gila.

Senyum karena gila tak perlu dibahas disini, membahas senyum orang gila nanti jadi gila sendiri. Senyum karena menghina adalah suatu kesombongan penghinaan dengan senyuman biasanya ditujukan kepada orang yang mempunyai kekurangan, kesalahan baik berupa kurangan fisik maupun kekurangan materi ... kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Yang perlu kita perhatikan disini adalah senyum yang bernuansa bahagia baik bagi orang yang  tersenyum maupun buat yang diajak tersenyum karena pada hakikatnya /sejatinya senyum itu ibadah bahkan shadaqah. Nabi kita Muhammad SAW pernah bersabda :  

تَبَسُّمُكَ فِيْ وَجْهِ اَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya : “Senyummu pada wajah saudaramu adalah shadaqah”. (Sahih, H.R. Tirmidzi).

Dari apa yang diuraikan di atas memberi pelajaran kepada kita betapa utamanya kita berwajah manis dengan senyuman yang tulus terutama bagi saudara-saudara kita yang berposisi diujung tombak sebagai PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) untuk benar-benar menerapakan 3 S (senyum, Sapa, Salam). Karena kantor kita ini bukanlah lembaga yang mengejar  profit oriented berpandangan untuk mengejar keuntungan semata akan tetapi berprinsip “prime servis oriented”  tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan/servise prima kepada para pencari keadilan.

Pengadilan Agama Surakarta juga bertujuan untuk menghilangkan atau satidak-tidaknya menguruangi kesedihan masalah rumah tangga yang dibawa dari rumah dari para pencari keadilan dengan memberikan pelayanan yang menyejukkan hati bukan malah menambah masalah dengan sikap  dan wajah kita yang cemberut. Sedangkan tanda-tanda orang yang berakhlak mulia adalah orang yang dimalam hari selalu menangis di hadapan Allah karena dosa-dosanya dan di siang hari selalu tersenyum menebar wajah ceria kepada saudara-saudaranya. (Drs. H. Makmun, SH. MH.)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi