logo mahkamah agung website ramah difable

PERINGATAN HARI IBU KE-89

SELAMAT HARI IBU KE-89

"IBU ADALAH TIANG NEGARA, TIADA TERKIRA JASAMU IBU"

Surakarta, 22 Desember 2017

Hujan masih rintik-rintik mengguyur kota Solo belum reda sejak tadi malam, namun semangat pegawai Pengadilan Agama Surakarta tetap menggelora untuk melaksanakan upacara Peringatan Hari Ibu ke-89 yang diperingati setiap tahun tepat hari ini, di tanggal 22 Desember. Alhamdulillah menjelang pukul 07.00 pagi cuaca berubah cerah dan matahari mulai bersinar terang.

Ada yang istimewa pada upacara hari ini yaitu seluruh petugas upacara adalah wanita, meskipun demikian acara tetap berjalan hikmat dan lancar. Dalam sejarah singkat lahirnya hari ibu yang dibacakan oleh pembina upacara, pergerakan perempuan berawal dari kongres perempuan pertama yang di gelar di Yogyakarta pada tanggal 22-25 Desember 1928, sejak saat itu hingga hari ini kaum perempuan tetap berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan jaman. Lebih lanjut dalam amanatnya pembina upacara menyampaikan bahwa jauh sebelum Indonesia mengakui derajat wanita setara dengan laki-laki, Islam telah lebih dulu mengangkat derajat wanita. Dalam Al-Quran terdapat kisah-kisah kaum wanita yang dapat kita ambil pelajaran, ada 5 tipe wanita mulai awal dunia hingga akhir jaman nanti, yaitu:

  1. Wanita Pejuang, dapat kita lihat dari kisah Siti Asiah yaitu istri raja Firaun yang meskipun berada dibawah kekuasaan suami yang zholim namun wanita ini tetap tegar dan berjuang di jalan kebaikan.
  2. Wanita Sholehah, dapat kita lihat dari kisah Siti Maryam yang sangat menjaga kesholehan dan kesuciannya kemudian Allah memberikan mukjizat kehamilan dan kelahiran Nabi ISA AS
  3. Wanita Penggunjing, seperti kisah istri Abu Lahab yang sangat memusuhi Rasulullah
  4. Wanita Penggoda, seperti kisah Zulaehah yang menggoda nabi Yusuf AS
  5. Wanita Penghianat, dalam kisah istri nabi Nuh AS dan Nabi Luth AS yang meskipun memiliki suami yang sholeh namun tidak menjadikan wanita tersebut taat kepada Allah SWT

  

Ketua Pengadilan Agama Surakarta mengapresiasi pelaksanaan upacara hari ini, beliau mengatakan bangga dan senang sekali bahwa acara perjalan lancar meskipun penunjukan petugasnya mendadak dan tanpa latihan sebelumnya. Akhirnya terselip doa yang tulus semoga peringatan hari ibu ini membawa manfaat bagi ibu-ibu seluruh Indonesia khususnya kaum wanita di Pengadilan Agama Surakarta.

Add comment

Terima Kasih Sudah Berkomentar dengan Baik


Security code
Refresh


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi